Makna Lambang Dewan Pendidikan


Secara keseluruhan, lambang Dewan Pendidikan berbentuk sekuntum bunga, yang menggambarkan peran dan fungsi mulia Dewan Pendidikan untuk ikut serta membina putra-putri bangsa sebagai pewaris masa depan bangsa melalui kiprah dan perjuangannya dalam dunia pendidikan.

Buku yang terbuka berbentuk kelopak bunga, menggambarkan medan perjuangan Dewan Pendidikan yang terbuka luas untuk memberikan dan melibatkan peran serta aktif masyarakat. Stilasi buku terbuka tersebut juga menggambarkan meja atau medan kegiatan pengurus dan anggota Dewan Pendidikan mengadakan diskusi dan pembahasan untuk menetapkan kebijakan, program, dan kegiatan Dewan Pendidikan.

Kuntum bunga berjumlah lima helai, menggambarkan stakeholder pendidikan atau elemen masyarakat yang secara sinergis berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Stilasi kuntum bunga tersebut juga menggambarkan pengurus dan anggota Dewan Pendidikan yang sedang bersidang membahas upaya peningkatan mutu pendidikan. Kuntum-kuntum bunga tersebut menggambarkan bentuk kepala dan tangan-tangan yang saling bergadengan untuk menyatukan gerak dan langkah-langkah upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peran serta masyarakat.